Pendapatan Industri Esports Tahun 2019 Ditaksir Sebesar Rp15,4 Triliun!

pendapatan industri esports 2019

Industri esports sepertinya mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahunnya.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya brand-brand yang terjun ke industri esports ini layaknya Indofood yang menjadi sponsor ESL Indonesia Championship 2019.

Ataupun brand minuman yang terkenal yaitu Coca-Cola yang menjalin kerjasama dengan Activision Blizzard.

coca cola overwatch league

Pernah dibahas juga di salah satu artikel Revival bahwa industri video games kalahkan pendapatan industri film raksasa yaitu Hollywood pada tahun 2018.

Industri video games berhasil mendapatkan US$43,8 miliar atau Rp617,2 triliun sedangkan industri film Hollywood mendapatkan US$41,7 miliar atau Rp587,6 triliun.

pendapatan industri esports 2019
Sumber: Statista

Lebih spesifik lagi ke industri esports yang semakin berkembang dari tahun ke tahunnya, perusahaan penyedia data industri game dan esports, Newzoo, merilis laporan terbarunya bertajuk Global Esports Market Report 2019.

Dari hasil research Newzoo dikatakan bahwa industri esports di tahun 2019 akan menyentuh angka US$1,1 miliar atau setara dengan Rp15,4 triliun.

Angka fantastis tersebut naik 26,7 persen dari total yang didapatkan pada tahun 2018 lalu.

“Hasilnya di 2019 akan jadi tahun US$1 miliar pertama bagi eSports, dan akan terus menarik brand-brand dari segala penjuru industri,” ungkap Peter Warman selau CEO Newzoo

Newzoo: Global Esports Revenue Streams 2019
Sumber: Newzoo

Newzoo menjelaskan bahwa industri esports pada tahun 2019 yang menyentuh angka US$1,1 miliar data dari investasi brand, sponsorship, pemasangan iklan dan hak siar media.

Newzoo juga mengatakan bahwa hak siar media adalah revenue yang paling cepat tumbuh, karena mengalami peningkatan sebesar 41,8 persen year-on-year.

Dan juga, jumlah viewer esports naik sebesar 15 persen atau akan tumbuh sebanyak 453,8 juta orang, di antaranya 201,2 juta diidentifikasi sebagai ‘esports enthusiast‘ (penggemar berat esports) dan 252,6 juta adalah ‘Occasional Viewers‘ (kadang-kadang menonton).

Newzoo: Esports Audience Numbers (2017-2022)
Sumber: Newzoo

Selain itu, dengan meningkatnya event-event, liga, dan juga kerjasama media dengan industri esports.

Newzoo memprediksi rata-rata revenue per penggemar akan menyentuh angka US$1,8 triliun di tahun 2022 bahkan jika semuanya berjalan lancar industri esports bisa mendapatkan U$3,2 triliun!

BACA JUGA: EVOS Esports Sukses Pertahankan Gelar ASL Season 2

Wah sepertinya industri esports semakin menjanjikan ya! Perkembangan ini juga semakin menunjukkan bahwa industri esports bukanlah sekadar isapan jempol belaka.

Editor: Yubian Asfar


Leave a Reply